Kritik dan saran dapat dialamatkan ke email :patroli_bangsa@yahoo.co.id

25/01/13

DPRD Jambi Gelar Paripurna Istimewa HUT Provinsi Ke – 56

Provinsi Jambi - Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus (HBA) menyampaikan keberhasilan dan rencana kerja Pemerintah Provinsi Jambi menuju JAMBI EMAS 2015. Dalam penyelenggaraan pembangunan, telah ditetapkan visi Provinsi Jambi 2010 – 2015 yaitu Ekonomi Maju, Aman, Adil dan Sejahtera (Jambi Emas). Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Provinsi Jambi turut hadir Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) beserta isteri, Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar beserta isteri, Kapolda Jambi Brigjen Pol. Ade Husein. K. Dandrem 042/Gapu Kol. Inf. Eko Budi. S., Sekda Provinsi Jambi Ir.H. Syahrasaddin, M.Si, beserta isteri, Ketua DPRD Provinsi Jambi Effendi Hatta beserta isteri, Walikota Jambi Bambang Priyanto serta para tamu kehormatan lainnya termasuk pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi. Sejalan dengan itu, Pemerintah Provinsi Jambi telah memfokuskan program pada 4 strategi pendekatan yang merupakan sinkronisasi dari RPJMN dan RPJMD, yaitu Pro Job, Pro Poor, Pro Growth dan Pro Environment. Atas dasar pendekatan tersebut di atas, dirumuskanlah 5 prioritas pembangunan Provinsi Jambi yaitu pertama, peningkatan infrastruktur wilayah dan pelayanan umum; kedua pendidikan, kesehatan dan sosial budaya, ketiga pengembangan ekonomi rakyat, investasi dan kepariwisataan; keempat ketahanan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup; serta kelima penataan tata kelola pemerintahan yang baik. Faktor kemiskinan menjadi salah satu hambatan masyarakat dalam mengakses layanan pendidikan dan kesehatan, untuk itulah dalam Master Plan Pengurangan dan Penanggulangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI), salah satu strateginya adalah peningkatan taraf hidup masyarakat miskin dengan pemberdayaan sumber daya manusia, kemudian akses usaha dan kredit serta pengembangan kawasan khusus potensi lokal. Dalam kaitannya dengan penanggulangan kemiskinan, Pemerintah Provinsi Jambi telah melaksanakan program Satu Milyar Satu Kecamatan atau SAMISAKE. Program ini pada prinsipnya untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat kita yang masih terbatas kemampuannya, yang semula berada pada 131 Kecamatan dan saat ini telah mencapai 138 kecamatan.

Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj.Yusniana Hasan Basri didampingi Ketua BKOW Provinsi Jambi Hj. Rahima Fachrori, dan Ketua Dharma Wanita Provinsi Jambi Hj. Dewi Syahrasaddin membuka secara resmi Pameran Pembangunan dalam rangka HUT Provinsi Jambi ke-56, Senin (7/1). Pameran ini dilaksanakan di dua lokasi yaitu lokasi perkantoran Jl. RM. Noor Admadibrata atau di sebelah gedung DPRD Provinsi Jambi yang diikuti oleh peserta dari SKPD lingkup Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi. Sedangkan lokasi kedua yaitu Pameran Pasar Rakyat di Jalan Letjen M.T. Haryono atau disepanjang Jalan Kantor Gubernur.
Pameran Pembangunan ini menampilkan produk-produk unggulan dan program unggulan dari masing-masing SKPD dan Kabupaten/Kota. Seperti ungkapan Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj. Yusniana Hasan Basri saat dijumpai wartawan di tengah kunjungannya ke stand pameran, menyatakan bahwa pameran ini dapat dijadikan wahana promosi keberhasilan pembangunan Provinsi Jambi.
Kemeriahan HUT Ke-56 Provinsi Jambi diwarnai dengan berbagai kegiatan, salah satunya Pawai Budaya yang merupakan ajang tahunan, berbagai suku yang berada di Provinsi Jambi ikut andil dalam karnaval tersebut, sekitar 74 kelompok karnaval.
Antusiasme masyarakat menonton Pawai Budaya sangat tinggi, anak-anak maupun orang tua tumpah di jalanan menyaksikan berbagai keunikan yang ditampilkan peserta karnaval menjadikan ajang ini semakin semarak. Peserta karnaval juga menampilkan berbagai keunikannya dan atraksi. (NST).